Kamis, 29 September 2011

Tentang Seluk Beluk Plotter


Pengertian plotter
Plotter adalah pencetakan perangkat komputer untuk grafis vektor pencetakan. Di masa lalu, komplotan secara luas digunakan dalam aplikasi seperti desain dibantu komputer, meskipun mereka umumnya telah diganti dengan printer format lebar konvensional. Hal ini sekarang biasa untuk merujuk pada seperti printer format lebar sebagai "komplotan," meskipun mereka secara teknis tidak. Isi
 Ikhtisar
2 Sejarah
3 Vinyl cutter
4 meja potong Statis
5 Kontemporer penggunaan komplotan pena
6 Lihat juga
7 Referensi
Ikhtisar
Pena komplotan mencetak dengan menggerakkan pena atau instrumen lainnya di seluruh permukaan selembar kertas. Ini berarti bahwa komplotan dibatasi untuk seni garis, bukan raster grafis seperti printer lain. Komplotan pena dapat menggambar garis kompleks seni, termasuk teks, tetapi melakukannya perlahan karena gerakan mekanis pena. Mereka sering tidak mampu secara efisien menciptakan suatu daerah yang solid warna, tetapi dapat menetas daerah dengan menggambar sejumlah dekat, garis-garis teratur.
Plotter menawarkan cara tercepat untuk secara efisien menghasilkan gambar yang sangat besar atau warna dengan resolusi tinggi berbasis vektor karya seni ketika memori komputer sangat mahal dan daya prosesor sangat terbatas, dan jenis lain dari printer telah membatasi kemampuan output grafis.
Pena komplotan telah dasarnya menjadi usang, dan telah digantikan oleh format besar printer inkjet dan toner printer berbasis LED. Perangkat tersebut masih bisa memahami bahasa vektor awalnya dirancang untuk digunakan plotter, karena dalam banyak kegunaan, mereka menawarkan alternatif yang lebih efisien untuk data raster.
Sejarah
Sejumlah bahasa kontrol printer diciptakan untuk beroperasi komplotan pena, dan mengirimkan perintah seperti "angkat pena dari kertas", "tempat pena di atas kertas", atau "menarik garis dari sini ke sini". Dua bahasa plotter umum ASCII berbasis kontrol Hewlett-Packard HPGL2 atau Houston Instrumen DMPL, dengan perintah seperti "PA 3000,2000; PD". [1]
Pemrogram menggunakan FORTRAN atau BASIC umumnya program tersebut tidak secara langsung, tetapi digunakan paket perangkat lunak, seperti perpustakaan Calcomp, atau independen perangkat grafis paket, seperti perpustakaan AGL Hewlett-Packard atau ekstensi BASIC atau paket high end seperti DISSPLA. Ini akan menetapkan faktor skala dari koordinat dunia ke koordinat perangkat, dan menerjemahkan ke perangkat perintah tingkat rendah. Misalnya, untuk merencanakan X * X di HP 9830 BASIC, program ini akan
10 SKALA -1,1,1,1
20 UNTUK X =- 1 ke 1 LANGKAH 0,1
30 PLOT X, X * X
40 BERIKUTNYA X
50 PEN
60 AKHIR
 Label plotter
Pena komplotan awal, misalnya, Calcomp 565 tahun 1959, bekerja dengan menempatkan kertas di atas rol kertas yang bergerak bolak-balik untuk gerakan X, sementara pena bergerak bolak-balik di jalur untuk gerakan Y. Kertas itu diberikan dalam bentuk roll dan telah perforasi sepanjang kedua tepi yang dilibatkan oleh sprockets pada rol.
Pendekatan lain, misalnya Yang Computervision Berinteraksi saya, yang terlibat melampirkan bola-titik pena untuk menyusun pantographs dan mengemudi mesin dengan motor dikendalikan oleh komputer. Ini memiliki kelemahan yang agak lambat untuk bergerak, serta membutuhkan ruang lantai sama dengan ukuran kertas, tapi bisa ganda sebagai sebuah digitizer. Sebuah perubahan kemudian adalah penambahan sebuah penjepit elektrik dikendalikan untuk memegang pena, yang memungkinkan mereka untuk diubah, dan dengan demikian menciptakan berwarna multi-output.
Hewlett Packard dan Tektronix diproduksi kecil, berukuran desktop flatbed komplotan pada akhir tahun 1960 dan 1970-an. Kandang yang dipasang pada sebuah bar bepergian, dimana sumbu-y diwakili oleh gerakan naik turun panjang bar dan x-sumbu diwakili oleh gerakan bar bolak-balik melintasi meja merencanakan. Karena massa bar, komplotan ini beroperasi relatif lambat.
Pada 1980-an, HP kecil dan ringan 7470 memperkenalkan "grit wheel" mekanisme, menghilangkan kebutuhan untuk perforasi sepanjang tepi, tidak seperti komplotan Calcomp dua dekade sebelumnya. Grit roda di tepi seberang pers lembar terhadap tangguh berlapis urethane rol dan lekukan bentuk kecil di lembaran. Seperti lembaran bergerak maju-mundur, roda tetap pasir lembar di pendaftaran tepat karena partikel grit jatuh ke dalam lekukan sebelumnya, seperti gigi dari dua roda gigi meshing. Pena dipasang pada kereta yang bergerak maju mundur di garis antara roda grit, mewakili sumbu ortogonal. Ini lebih kecil "rumah-gunakan" plot menjadi populer untuk grafis bisnis desktop dan di laboratorium teknik, namun kecepatan rendah berarti mereka tidak berguna untuk tujuan pencetakan umum, dan printer yang berbeda konvensional akan diperlukan untuk mendapatkan pekerjaan. Satu kategori, diperkenalkan oleh Hewlett Packard MultiPlot untuk HP 2647, adalah "kata bagan", yang menggunakan plotter untuk menggambar huruf besar pada transparansi. Ini adalah pendahulu dari bagan Powerpoint modern. Dengan ketersediaan luas resolusi tinggi printer inkjet dan laser, memori komputer murah dan cukup cepat untuk rasterize gambar berwarna, plotter pena memiliki semua tapi menghilang. Namun, mekanisme roda grit masih ditemukan di inkjet berbasis, rekayasa komplotan format besar.
Plotter juga digunakan dalam Buat-A-Kartu kios yang tersedia untuk sementara di daerah kartu ucapan supermarket yang menggunakan HP 7475 enam-pena plotter.
Plotter digunakan terutama dalam gambar teknik dan aplikasi CAD, di mana mereka memiliki keuntungan dari bekerja pada ukuran kertas yang sangat besar sementara menjaga resolusi tinggi. Penggunaan lainnya telah ditemukan dengan mengganti pena dengan pemotong, dan dalam bentuk ini komplotan dapat ditemukan di toko-toko garmen banyak dan tanda.
Jika plotter diperintahkan untuk menggunakan warna yang berbeda itu untuk menggantikan pena dan pilih warna yang diinginkan dan / atau lebar.
Sebuah aplikasi relung komplotan adalah dalam menciptakan gambar sentuhan untuk orang cacat visual di atas kertas termal sel khusus.
Tidak seperti jenis printer lainnya, kecepatan pena plotter diukur oleh kecepatan dan laju percepatan pena, bukan oleh kecepatan mencetak halaman. Sebuah pena plotter kecepatan adalah terutama dibatasi oleh jenis pena yang digunakan, sehingga pilihan pena adalah faktor kunci dalam pena plotter output kecepatan. Memang, pena komplotan paling modern memiliki perintah untuk mengontrol kecepatan slewing, tergantung pada jenis pena yang sedang digunakan.
Ada banyak jenis plotter pena, beberapa di antaranya tidak lagi diproduksi massal. Tips pena teknis sering digunakan, banyak yang dapat diperbarui menggunakan bagian dan perlengkapan untuk penyusunan pena manual. Awal roda HP komplotan flatbed dan grit yang digunakan kecil, pena pena eksklusif serat-tip atau plastik sekali pakai.
Salah satu jenis pena plotter menggunakan serat selulosa batang dimasukkan melalui tabung busa melingkar jenuh dengan tinta, dengan ujung batang diasah menjadi ujung kerucut. Sebagai pena bergerak di permukaan kertas, kapiler wicking menarik tinta dari busa, menuruni batang, dan di atas kertas. Sebagai pasokan tinta dalam busa habis, tinta migrasi ke ujung mulai melambat, mengakibatkan garis samar. Memperlambat kecepatan merencanakan akan memungkinkan garis yang ditarik oleh sebuah pena usang tetap gelap, tetapi memudar akan berlanjut sampai busa benar-benar habis. Juga, sebagai pena ujung serat digunakan, ujung perlahan-lahan menipis pada media merencanakan, menghasilkan garis, semakin luas buram.
Pena plotter Ball-point dengan tinta isi ulang plastik bening waduk yang tersedia. Mereka tidak memiliki memudar atau memakai efek dari serat pena, tetapi umumnya lebih mahal dan jarang. Juga, bola-titik konvensional pena dapat dimodifikasi untuk bekerja di komplotan pena kebanyakan.
Vinyl cutter Bagian ini dapat menyimpang dari topik artikel. Silakan bantu memperbaiki bagian ini atau mendiskusikan masalah ini di halaman pembicaraan. (Januari 2011)
 Tarik-pisau pemotong plotter dalam tindakan
Sebuah tanda vinyl cutter (kadang-kadang dikenal sebagai plotter pemotongan) digunakan oleh profesional dan poster billboard tanda-membuat usaha untuk menghasilkan tahan cuaca tanda-tanda, poster, dan billboard menggunakan self-perekat berwarna yang didukung Film vinil yang memiliki dukungan bahan kertas dilepas . Vinil juga dapat diterapkan untuk badan mobil dan jendela untuk besar, perusahaan terang iklan dan untuk perahu layar transoms. Sebuah proses yang sama digunakan untuk memotong bahan vinyl berwarna untuk jendela otomotif.
Warna yang tersedia umumnya hanya dibatasi oleh koleksi vinyl di tangan. Untuk mencegah kusut material, akan disimpan dalam gulungan. Khas vinil ukuran roll 24-inci, 36-inci dan 48-inci lebar.
Umumnya perangkat keras identik dengan plotter tradisional kecuali bahwa tinta pena digantikan oleh pisau yang sangat tajam yang digunakan untuk memotong setiap bentuk, dan plotter mungkin memiliki kontrol tekanan untuk menyesuaikan bagaimana pisau menekan keras ke dalam vinil film , memungkinkan desain sepenuhnya atau sebagian dipotong. Pisau vinil biasanya berbentuk seperti pena plotter dan sudah terpasang pada bantalan bola sehingga ujung pisau berputar ke arah wajah yang benar sebagai kepala plotter bergerak.
Pemotong Masuk terutama digunakan untuk menghasilkan satu warna line art. Beberapa warna dapat dipotong secara terpisah dan kemudian dilapis, tetapi proses dengan cepat menjadi rumit selama lebih dari dua warna.
Komplotan memotong Masuk dalam penurunan dalam beberapa aplikasi, seperti umum desain billboard, di mana printer inkjet format lebar yang menggunakan tinta berbasis pelarut yang digunakan untuk mencetak secara langsung ke berbagai bahan. Pemotongan komplotan sering diandalkan untuk presisi pemotongan grafis yang dihasilkan oleh format lebar printer inkjet, namun - misalnya untuk menghasilkan grafis jendela atau mobil, atau berbentuk stiker.
Statis memotong tabel
Sebuah tanda biasanya cutter fungsi seperti plotter roll-makan atau lembaran-makan tradisional, bahwa media yang akan dipotong disimpan kaku oleh lembar dukungan sebagai bagian dari bahan vinyl dipotong. Sebagai surat dipotong, dukungan terus selaras dengan benar materi di penggulung bergerak. Ini tidak bekerja ketika memotong bahan non-kaku tanpa dukungan, seperti tekstil kain atau kulit. Memotong lubang atau celah akan menyebabkan material yang tidak didukung meredup dan jatuh keluar dari keselarasan.
Meja potong statis menggunakan vakum datar besar meja potong bukan gulungan feed. Permukaan meja memiliki serangkaian dibor pinholes kecil di dalamnya. Bahan ditempatkan pada meja, dan selembar plastik ke dilapis kain. Sebuah pompa vakum diaktifkan, dan mendorong tekanan udara di atas sampul plastik untuk menahan kain di tempatnya. Meja kemudian beroperasi seperti vektor normal plotter, menggunakan berbagai alat pemotong untuk memotong lubang atau celah-celah ke dalam kain. Overlay plastik juga dipotong, yang menyebabkan hilangnya sedikit vakum, tetapi kehilangan ini biasanya tidak signifikan.
Konfigurasi ini memungkinkan statis meja untuk memotong memotong bahan yang fleksibel dan non-kaku yang sulit atau tidak mungkin untuk dipotong dengan roll-makan komplotan. Pemotong statis juga mampu memotong banyak bahan tebal dan lebih berat daripada yang khas roll-makan atau lembaran-makan plotter.
Kontemporer penggunaan komplotan pena
Pada pertengahan-ke-akhir 2000-an dan seniman hacker mulai menemukan kembali komplotan pena sebagai aneh, perangkat output disesuaikan. Kualitas garis yang dihasilkan oleh pena di atas kertas sangat berbeda dari yang lain teknik keluaran digital. Bahkan 30 tahun komplotan pena tua biasanya masih berfungsi dengan handal, dan banyak yang tersedia untuk <$ 100 pada situs lelang dan dijual kembali. Sementara dukungan untuk mengemudi komplotan pena secara langsung atau menyimpan file sebagai HPGL telah menghilang dari aplikasi grafis yang paling komersial, beberapa paket perangkat lunak kontemporer membuat bekerja dengan HPGL pada sistem operasi modern mungkin.
Perbedaan plotter dengan printer
Plotters
Sebuah perangkat yang menarik gambar di atas kertas berdasarkan perintah dari komputer. Plotters berbeda dari printer, mereka menggambar garis menggunakan pena. Akibatnya, mereka dapat menghasilkan garis berkesinambungan, sedangkan printer hanya dapat mensimulasikan garis dengan mencetak serangkaian titik jarak dekat. warnawarni plotters menggunakan pena yang berbeda-warna untuk menggambar warna yang berbeda.
Secara umum, plotter jauh lebih mahal dari printer. Mereka digunakan dalam aplikasi teknik mana presisi adalah wajib. 
Alat
Setiap mesin atau komponen yang melekat pada komputer. Contoh perangkat termasuk disk drive, printer, tikus, dan modem. Perangkat ini khusus jatuh ke dalam kategori perangkat perifer karena mereka terpisah dari komputer utama.
Kebanyakan perangkat, baik perifer atau tidak, memerlukan sebuah program yang disebut driver perangkat yang bertindak sebagai penerjemah, mengubah perintah umum dari aplikasi ke perangkat perintah khusus yang memahami
Printers
Sebuah perangkat yang mencetak teks atau ilustrasi di atas kertas. Ada berbagai jenis printer. Dalam hal teknologi yang digunakan, printer jatuh ke dalam kategori berikut:
# Daisy-wheel: Mirip dengan mesin tik bola-kepala, jenis printer ini memiliki roda plastik atau logam yang bentuk masing-masing karakter menonjol dalam lega. Sebuah palu menekan roda terhadap produksi pita, yang pada gilirannya membuat noda tinta dalam bentuk karakter di paper.Daisy-wheel printer cetak surat-kualitas tapi tidak dapat mencetak grafis.
# Dot-matriks: Menciptakan karakter dengan pin yang mencolok terhadap tinta sebuah pita. Setiap pin titik, dan kombinasi titik karakter bentuk dan ilustrasi.
# Ink-jet: Semprotan tinta pada selembar kertas. Ink-jet printer menghasilkan teks berkualitas tinggi dan grafis.
# Laser: Menggunakan teknologi yang sama dengan mesin fotokopi. printer laser menghasilkan kualitas teks dan grafik yang sangat tinggi.
# LCD & LED: Mirip dengan printer laser, tetapi menggunakan kristal cair atau dioda pemancar cahaya daripada laser untuk menghasilkan sebuah gambar pada drum.
# Line printer: Berisi rantai karakter atau pin yang mencetak seluruh baris pada satu waktu. Line printer sangat cepat, tapi menghasilkan cetak berkualitas rendah.
# Thermal printer: Sebuah printer murah yang bekerja dengan mendorong pin dipanaskan terhadap kertas sensitif panas. Thermal printer yang banyak digunakan dalam kalkulator dan mesin faks.
Printer juga diklasifikasikan oleh karakteristik berikut:
# Kualitas ketik: The output yang dihasilkan oleh printer dikatakan baik kualitas huruf (sebagus mesin tik), surat kualitas dekat, atau kualitas draft. Hanya daisy-wheel, ink-jet, dan printer laser menghasilkan jenis surat-kualitas. Beberapa dot matrix printer-surat-klaim kualitas cetak, tetapi jika Anda melihat lebih dekat, Anda dapat melihat perbedaannya.
# Kecepatan: Diukur dalam karakter per detik (cps) atau halaman per menit (ppm), kecepatan printer sangat bervariasi. Daisy-wheel printer cenderung menjadi lambat, percetakan sekitar 30 cps. Line printer yang tercepat (hingga 3000 garis per menit). Dot-matrix printer dapat mencetak hingga 500 cps, dan printer laser berkisar dari halaman sekitar 4-20 teks per menit.
# Dampak atau non-dampak: Dampak printer mencakup semua printer yang bekerja dengan mencolok tinta pita. Daisy-wheel, dot-matrix, dan line printer adalah printer dampak. Non-dampak printer termasuk printer laser dan printer ink-jet. Perbedaan penting antara dampak dan printer non-impact printer dampak yang jauh lebih berisik.
# Grafis: Beberapa printer (daisy-wheel dan line printer) dapat mencetak teks. printer lain dapat mencetak teks dan grafis.
printer # font: Beberapa printer, dot-matriks terutama, yang terbatas pada satu atau beberapa font. Sebaliknya, printer laser dan ink-jet mampu mencetak berbagai variasi hampir tak terbatas font. Daisy-wheel printer juga dapat mencetak font yang berbeda, tetapi Anda perlu mengubah roda daisy, sehingga sulit untuk campuran font di dokumen yang sama.
Perintah
# Instruksi Sebuah ke komputer atau perangkat untuk melakukan tugas tertentu. Perintah datang dalam bentuk yang berbeda. Mereka dapat berupa: kata-kata khusus (kata kunci) yang memahami program.
* Fungsi tombol
# Pilihan dalam menu
* Tombol atau objek grafis lainnya di layar Anda
Setiap program yang berinteraksi dengan orang-orang menanggapi seperangkat perintah tertentu. Serangkaian perintah dan sintaks untuk memasukkan mereka disebut antarmuka pengguna dan bervariasi dari satu program ke yang lain.
Sistem operasi DOS membuat perbedaan antara perintah internal dan eksternal. Perintah Internal adalah perintah, seperti COPY dan DIR, yang dapat ditangani oleh program COMMAND.COM. Perintah Eksternal meliputi nama semua file COM lainnya, serta EXE dan file BAT.

0 Komentar: