Rabu, 23 Oktober 2013

DNS (Domain Name System) dan Top Level Domain TLD

Apa Itu DNS ?

DNS Adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar  di dalam jaringan komputer DNS menyediakan servis yang cukup penting untuk Internet, bilamana perangkat keras komputer dan jaringan bekerja dengan alamat IP untuk mengerjakan tugas seperti pengalamatan dan penjaluran (routing), manusia pada umumnya lebih memilih untuk menggunakan nama host dan nama domain, contohnya adalah penunjukan sumber universal (URL) dan alamat e-mail. DNS menghubungkan kebutuhan ini.


Nah sekarang ada apa saja tentang Top Level Domain (TLD) ?

  • country code Top-Level Domain (ccTLD) atau sebuah domain yang dimiliki suatu negara tertentu dan setiap negara pasti berbeda-beda yang terdiri dari 2 Huruf contoh ccTLD diantaranya 
www.*.co.id = Indonesia    www.*.co.it = Italia    www.*co.jp = Jepang    www.*.co.uk = Inggris Raya (United Kingdom)
www.*.co.us = Amerika Serikat    www.*.co.my = Singapura    www.*.co.au = australia dan masih banyak lagi


  • genericTop-Level Domain (gTLD) atau sebuah domain yang digunakan secara komersil dengan 3 Huruf misal www.*.com tapi untuk alasan historis, .mil (militer Amerika Serikat) dan .gov (Pemerintahan Federal Amerika Serikat) dibatasi dan hanya dapat digunakan oleh kedua otoritas tersebut. Domain-domain dalam gTLD disubklasifikasikan ke dalam ranah yang disponsori (sponsored top-level domains (sTLD)), misalnya .aero, .coop dan .museum, dan ranah yang tidak disponsori (unsponsored top-level domains (uTLD)

Contoh-contoh TLD

TLD umum


.aero: industri pesawat terbang
.arpa: Address and Routing Parameter Area
.biz: bisnis
.com: komersial
.coop: koperasi
.info: informasi
.int: internasional
.jobs: sumber daya manusia
.museum: museum
.name: nama perorangan
.net: jaringan
.org: organisasi
.pro: profesi
.travel: industri wisata
.tv: televisi

TLD eksklusif Amerika Serikat

.edu: pendidikan (eksklusif untuk Departement Pendidikan Amerika Serikat)
.gov: pemerintah (eksklusif untuk pemerintah Amerika Serikat)
.mil: militer (eksklusif untuk militer Amerika Serikat)

Walau demikian, nama ranah .edu digunakan pula dalam praktiknya untuk beberapa situs Indonesia.

Domain Gratis

Domain adalah alamat paten suatu website, agar kita bisa membuka halaman website Domain gratis kebanyakan adalah subdomain, yaitu domain utamanya sudah ada yang punya, namun dia menyediakan domain lain dengan ekstensi domain utama (Top Level Domain/TLD) tersebut.
Misalnya adalah domain gratis co.cc. Kalau kita mendaftarkan website/blog dengan domain co.cc, sebenarnya kita mendapatkan subdomain. Domain utama adalah co.cc, namun yang kita dapatkan adalah “blogku.co.cc”, blogsaya.co.cc, blogbagus.co.cc, dan sebagainya. Itu disebut subdomain yang disediakan oleh Penyedia blog gratis . Sebut saja WordPress.com, Blogspot.com, dagdigdug.com, blogdetik.com, dan lain-lain.

powered by :wwpratama.blogspot.com


0 Komentar: